ANEKA RESEP Masakan Tradisional SAGU (RUMBIA)

Kanaka Media
0


----ANEKA RESEP----
Masakan Tradisional
 SAGU (RUMBIA)


Cetakan Pertama: Agustus, 2019
Surabaya, Jawa Timur

Penulis: Siti Umtiah, S.Pd., M.Pd.
Penata Letak: Kanaka
Penata Sampul: Kanaka
Pemeriksa Aksara: Asroful A

ISBN: 978-623-7346-54-8
Tebal: 48 hlm; A5


Simpang Kateman salah satu daerah di kawasan Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Daerah ini merupakan daerah rawa-rawa dan di kelilingi oleh sungai, yang dikenal dengan nama Sungai Simpang Kateman.

Sungai merupakan sarana atau jalan lalu lintas masyarakat daerah tersebut, baik ke ibu kota kecamatan, ke kabupaten, ke pasar bahkan ke desa-desa sekitarpun mereka menggunakan jalan sungai. Transportasi yang mereka gunakan adalah transportasi air seperti pompong, perahu kecil atau sampan, dan speed boat.

Di sepanjang sungai akan terlihat pemandangan yang sejuk karena kanan kiri sungai ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Pepohonan yang tumbuh dipinggir sungai antara lain pohon nipah, pohon bakau dan pohon sagu.

Pohon sagu tumbuh liar tanpa harus ditanam atau dibibit terlebih dahulu. Rimbunan pepohonan sagu ini dapat kita lihat dari daerah Teluk Lanjut sampai ke Desa Tanjung Simpang. Di kawasan ini terdapat 3 buah pabrik sagu, yaitu di daerah Teluk Pundur, Desa Simpang Kateman dan Kampung Selayar Desa Tanjung Simpang.

Buku ini menyajikan berbagai aneka olahan sagu yang terdapat di daerah Simpang Kateman Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Semoga kehadiran buku ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi masyarakat.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)