Cara Meningkatkan Minat Baca di Era Digital yang Perlu Kita Simak

Kanaka Media
0
StockSnap dari Pixabay

KanakaMedia.net - Indonesia saat ini mengalami minat baca yang rendah. Di era digital, tantangan untuk menumbuhkan minat baca semakin sulit.


Era digital memang banyak menawarkan kemudahan, tapi kemudaratannya juga tidak kalah jauh dengan kemudahan yang didapat.


Berikut cara meningkatkan minat baca di era digital yang semakin pesat.


1. Biasakan Diri Sendiri Mulai Membaca


Jika kita sudah berhasil menumbuhkan minat baca terhadap diri sendiri, maka tak menutup kemungkinan kita juga bisa menarik orang lain untuk mencintai kegiatan membaca. 


2. Mengoleksi bermacam-macam buku


Kita tidak pernah tau buku mana yang akan membuat kita jatuh cinta dengan membaca. Menambah koleksi buku tentu semakin meningkatkan minat kita untuk mencari bacaan yang sesuai dengan apa yang kita minati.


Jika sudah terbiasa membaca apa yang kita sukai, maka akan tumbuh pula kecintaan kita untuk mencari hal-hal baru. Dengan koleksi buku yang beragam akan mampu menutup rasa penasaran kita terhadap hal-hal baru tersbeut.


3. Bikin nyaman ruang baca kamu


Ruang baca tentunya memiliki manfaat untuk menstimulus semangat membaca kita. Meskipun beberapa orang tidak merasa terpengaruh dengan suasana di sekitar saat membaca, tapi untuk beberapa orang, kenyamanan tempat membaca bisa jadi salah satu faktor pendorong agar lebih semangat membaca.


4. Ajak siapapun untuk mencintai literasi


Setelah kita sudah merasa bisa menumbuhkan minat baca pada diri sendiri, maka selanjutnya kita akan dengan bahagia mengajak orang lain untuk turut membaca.


5. Perluas akses bahan bacaan


Kita bisa memperluas akses untuk memperoleh bacaan yang berkualias dengan cara dan harga yang lebih mudah dan murah.


6. Memanfaatkan Teknologi


Di era serba digital, membaca tidak harus selalu membawa buku fisik. Kita bisa membaca dari gadget yang kita miliki dan mengaksesnya dari mana saja. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan informasi di internet mengenai review dan hal-hal yang berguna terhadap bacaan yang kita inginkan.


Itulah beberapa cara untuk meningkatkan minat baca di era digital.


Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)