Daftar Aplikasi untuk Cek Plagiarisme yang Perlu Diketahui Penulis

Kanaka Media
0
Mudassar Iqbal dari Pixabay


KanakaMedia.net - Menurut KBBI, Plagiat atau Plagiarisme merupakan aktivitas pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah milik sendiri atau karangan sendiri. 


Orisinalitas suatu naskah untuk penulis atau akademisi adalah suatu yang mutlak. Ada banyak ide atau gagasan yang dimiliki oleh orang lain, sehingga kita perlu mengecek apakah ide atau gagasan tersebut sudah pernah dipublikasikan atau belum.


Meskipun kita menulis dari berbagai sumber, ada tata cara yang harus dipatuhi bila mengutip karya orang lain agar terhindar dari plagiarisme.


Plagiat ada berbagai jenisnya misal asal copy paste karya orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Ada juga plagiarisme sebagian yakni parafrase dengan mencantumkan kalimat yang identik.


Untuk menghindari plagiarisme, kita bisa mengeceknya melalui beberapa situs atau aplikasi berikut.


1. Plagiarism Checker

Plagiarism Chechker adalah aplikasi anti plagiat yang bisa kita download di google play store. 


2. Unicheck

Unicheck cek plagiarisme bisa diinstall. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para akademisi dan editor. Anda bisa langsung mengunjungi website unicheck. Unicheck mampu memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan dalam waktu 4 detik per teks.


3. DupliChecker

Duplichecker bisa dipilih untuk software anti plagiarisme. 


4. Writecheck

Writecheck adalah aplikasi menarik yang akan mendeteksi plagiarism. Writeheck mampu mendeteksi kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam tulisan.


5. Copyscape

Copyscape-cara-cek-plagiarisme bisa mengetes seberapa jauh tulisan Anda terdeteksi plagiat. Selain akun gratis yang bisa dimanfaatkan, Anda juga bisa memilih akun berbayar. 


6. PlagScan

PlagScan bisa dipakai langsung untuk melakukan deteksi plagiasi dengan cara copy paste tulisan di kolong yang sudah disediakan. 


7. Viper anti-plagiarism Scanner

Viper anti-plagiarism scanner adalah yang bisa diunduh lalu  di instal ke perangkat komputer. 


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)