Pengertian Cerita Rakyat, Folklore, Folkspeach, Folkstory, Folktale dan Volkskunde

Kanaka Media
0
 4144132 dari Pixabay


KanakaMedia.Net - Ada banyak istilah dalam folklore, diantaranya berikut istilah-istilah dalam folklore dan pengertiannya.


Cerita Rakyat

Cerita rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki bangsa Indonesia, yang pada umumnya menceritakan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal-muasal suatu tempat. Cerita rakyat selain sebagai hiburan, juga sebagai media pendidikan.


Folklore

Folklore adalah sebagian kebudayaan suatu kolektif, yang tersebar dan diwariskan turun-temurun secara tradisional, baik dalam bentuk lisan maupun contoh yang disertai dengan gerak isyarat atau alat Bantu pengingat.


Folkspeach

Bentuk-bentuk folklor Indonesia yang termasuk dalam kelompok bahasa rakyat adalah logat (dialect) bahasa-bahasa nusantara, misalnya logat bahasa Jawa dari Indramayu, yang merupakan bahasa Jawa Tengah yang telah mendapat pengaruh bahasa Sunda; atau logat bahasa Sunda dari Banten; atau logat bahasa Jawa Cirebon, dan logat bahasa Cirebon Sunda (Danandjaja, 1997: 22-23).


Folkstory

Sekelompok cerita tradisional Sunda, dalam sastra Sunda istilahnya adalah dongeng (Rusyana, 2000: 207). Dongeng merupakan cerita prosa rakyat. Pendapat Rusyana (2000: 207) istilah dongeng digunakan untuk menyebut sekelompok cerita tradisional dalam sastra Sunda. 


Folktale

Dongeng biasa adalah yang dalam literatur lain disebut sebagai dongeng atau folktale, yaitu cerita tradisional yang pelaku dan latarnya dibayangkan seperti dalam keadaan sehari-hari, dan sering juga mengandung hal yang ajaib. 

 

Volkskunde

Nyanyian rakyat adalah salah satu genre atau bentuk folklor yang terdiri dari kata-kata dan lagu, yang beredar secara lisan di antara anggota kolektif tertentu, berbentuk tradisional, serta banyak mempunyai varian (Brudvand dalam Danandjaja, 1997: 141).


Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)