Perbedaan Morfem Bebas dan Morfem Terikat yang Perlu Diketahui Anak Linguistik

Kanaka Media
0
6689062 dari Pixabay


KanakaMedia.net - Perbedaan morfem bebas dengan morfem terikat adalah morfem bebas dapat berdiri sendiri, bisa berdiri sebagai suatu kata.  Contohnya makan, satu, tidur adalah morfem bebas karena bisa berdiri sendiri.


Morfem terikat terdapat sebagai kata tetapi harus dirangkaikan dengan satu atau lebih morfem yang lain menjadi satu kata. Contoh kata ber-, mem-, dan lain sebagainya adalah morfem terikat karena tidak bisaberdiri sendiri.


Perbedaan antara morfem asal dengan imbuhan Misalnya dalam kata berwisata morfem wisata adalah morfem asal dan ber- adalah morfem imbuhan. 


Rumus yang paling mudah adalah, semua morfem imbuhan adalah morfem terikat. Sebaliknya meskipun morfem asal sering merupakan morfem bebas.


Suatu morfem asal yang bebas disebut dasar. Bila terikat disebut akar. 


Perbedaan morfem utuh (continuous morpheme) dan morfem terbagi (discontinuous morpheme) sebagai berikut. 


Morfem imbuhan terbagi terdapat bila bentuknya dibagi menjadi dua atau lebih bagian yang berjauh-jauhan secara linear. Misalnya, ber- sama dengan –ka merupakan satu morfem saja, jadi misal kata berlandaskan terdiri dari dua morfem; imbuhan terbagi, yaitu ber- + -kan dan morfem asal yang utuh yaitu landas.***

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)